Kamis, 04 Mei 2017

Sejarah Plat Atau Nopol DA di Kal-Sel

Sejarah Plat Atau Nopol DA di Kal-Sel

Kenapa plat di kal-sel inisial awalnya DA bukan KS? pertanyaan ini baru saja saya temukan ketika buka-buka instagram dan lewatlah satu meme di beranda IG saya. Meme itu menyebutkan kenapa sih Plat di kal-sel itu inisialnya adalah DA? coba anda perhatikan list berikut ini :
  • Kal-teng = KH
  • Kal-tim = KT
  • Kal-bar = KB
  • Kaltara = KU
  • Kal-sel = KS DA
Karna pertanyaan itulah saya lalu browsing dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan kal-sel pada pembagian inisial plat nya ini. Saya temukan bahwa sejarahnya adalah : waktu itu Kalimantan hanya satu propinsi sampai tahun 1958, dalam kurun waktu tersebut banjarmasin lah yang menjadi ibukotanya. Plat yang digunakan pada waktu itu hanya berinisial DA. Setelah pemekaran propinsi terjadi, terpecahlah kalimantan dalam beberapa propinsi. Ketika kalteng kaltim kalbar memakai inisial plat baru, kalsel tetap memakai inisial plat DA sampai sekarang.

Begitulah yang saya dapatkan dari hasil browsing saya dengan berbabagi sumber yang saya baca. dan menurut saya ini adalah sejarah plat kalimantan selatan yang berinisial DA yang paling pas. Walaupun ada yang mengatakan DA itu di ambil dari singakatan "District Amandit" "Asli Dayak" dll.

Bagaimana dengan kalian? kalau punya sumber lain yang lebih akurat bisa share di kolom komen ya sobat. Kenapa plat kendaraan kalimantan selatan DA ?
Baca Juga

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © www.elmahbub.NET
Template by : EL MAHBUB
IBX5929915B240B0